Keren Banget! Stadion Eco-Friendly Terwujud Berkat Bos Visioner

Tim sepak bola asal Inggris, Green Forest Rovers bakal mempunyai home base, stadion baru yang ramah lingkungan (eco-friendly).

Klub ini berkompetisi di Divisi National League atau Divisi V dalam struktur Liga Inggris. Divisi V ini diikuti oleh klub yang profesional, semi profesional, dan amatir.

Baca juga: Kampus UTEC Jadi Bangunan Terbaik Dunia Versi RIBA, Yuk, Tengok Seperti Apa Sih?

Biasanya, orang hanya tahu mengenal klub-klub elit yang bermain di kasta tertinggi, Liga Primer Inggris.

Stadion baru Forest Green Rovers diberi nama Eco Park dan mempunyai  luas sekitar 40 hektar. Letak stadion baru ini sekitar 22,5 km arah Barat Daya dari The New Lawn. Rencana pembangunan Eco Park akan menghabiskan mencapai 100 juta pound (Rp 1,6 triliun).

Baca juga: Wah, Interior Bandara Rusia Ini Dipenuhi Karya Seni

Eco Park akan dibuat dengan material kayu, memiliki banyak ruang terbuka, serta mengolah sinar matahari menjadi tenaga listrik.

Arsitek yang merancang Eco Park adalah biro arsitek Zaha Hadid Architects asal Inggris. Biro ini didirikan oleh mendiang Zaha Hadid, perempuan kelahiran Irak yang meninggal pada 31 Maret 2016.

Baca juga: Dekorasi Apartemen Ini Bercita Rasa Seni Tinggi, Mau Lihat Ga?

Sejatinya, The New Lawn sendiri sudah termasuk  bangunan eco-friendly dan menjadikannya salah satu stadion paling ramah lingkungan di dunia.

Lapangannya memakai rumput organik dan menjadikannya lapangan bola organik pertama. Ada solar panel di atas atap stadion sehingga bisa memenuhi 25 persen kebutuhan listrik stadion.

Baca juga: Sofa atau Ranjang Sih? Apa pun Itu Bisa Bikin Kamu Mager Abis

Air yang masuk ke lapangan didaur ulang dan dipakai kembali untuk keperluan di dalam stadion. Semua minyak yang digunakan memasak makanan pemain didaur ulang menjadi biofuel.

Rumput lapangan The New Lawn juga dipotong oleh robot yang dipandu oleh teknologi GPS dan tanpa campur tangan manusia. Robot ini juga bertenaga surya dan menjadi yang pertama dalam sejarah sepak bola Inggris.

Baca juga: Rumah Mewah Pertama Donald Trump Sempat Jadi Harta Gono Gini Lho!

Para petani yang tinggal di sekitar stadion bisa memanfaatkan potongan rumput untuk menyuburkan tanah mereka.

Para pemain mendapatkan menu vegetarian sejak Februari 2011. Areal sekeliling stadion juga ditumbuhi oleh bunga liar dan tanaman lokal.

Baca juga: Bertahun-Tahun Ga Laku, Desainer Tommy Hilfiger Obral Apartemen Mewahnya

Soal ramah lingkungan ini sudah pasti tidak terlepas dari peran Dale Vince, pemilik saham mayoritas Forest Green Rovers.

Laki-laki berusia 55 tahun dan memiliki 3 anak ini adalah pemilik perusahaan listrik Ecotricity yang bermarkas di Stroud, Glouchestershire, Inggris.

Baca juga: Keren Nih, Bangkok Berubah Lebih Hijau Berkat Thailine

Ecotricity didirikan pada 1996. Perusahan ini menyediakan tenaga listrik dari angin, sinar matahari, dan biogas. Semuanya tergolong tenaga listrik yang ramah lingkungan.

rumah123.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Keren Banget! Stadion Eco-Friendly Terwujud Berkat Bos Visioner"

Post a Comment